Skip to main content

11 Tips Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

Oleh: Mama Produktif

www.malahayatimamaproduktif.blogspot.com-  Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita memiliki naluri ingin selalu tampil menarik. Baik itu saat masih gadis atau setelah berumah tangga terlebih setelah melahirkan sang buah hati.

Biasanya mereka banyak mengeluhkan perut yang buncit tidak kunjung balik lagi seperti semula? Kenapa yah? Banyak pertanyaan dalam benaknya.

Sebenarnya setelah melahirkan, berat badan auto berkurang sekitar 3 - 6 kg. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari berat badan bayi, plasenta, banyaknya darah dan air ketuban yang keluar.

Dilansir dari alodokter.com (17/3) bahwa mengecilnya perut setelah melahirkan pun rupanya tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

  • Genetik.
  • Bentuk dan ukuran tubuh sebelum mengandung.
  • Berapa banyak berat badan naik selama masa kehamilan. 
  • Seberapa banyak Bunda bergerak berolahraga. 


Nah, jika sahabat salah satunya, artikel ini akan membahas  11 Tips Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan merupakan rangkuman dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi penulis.

Kuy ini dia tips  mengecilkan perut setelah melahirkan;

#1 Menyusui 

Hal yang paling gampang untuk mengecilkan perut setelah melahirkan secara normal maupun melahirkan secara Caesar yaitu menyusui.

Kenapa?

Disadari atau tidak dengan menyusui sang buah hati (red: asi eksklusif) minimal selama 6 bulan bisa mengecilkan perut. Apalagi jika dilakukan pemberian ASI hingga 2 tahun. Ohya, menyusui juga merupakan KB alami yah Moms.
www.bangkapos.com

Hal itu dikarenakan menyusui bisa membakar 500 kalori perhari juga memicu kontraksi yang membantu mengecilkan perut seperti layaknya sedang berolahraga

Jika sahabat seorang ibu yang bekerja tetap lah memberikan ASI dengan cara Pumping dimana kandungan ASI lebih baik dibandingkan susu formula mana pun. 


#2 Makan sedikit tapi sering 

Ini dia yang jarang dilakukan kebanyakan emak-emak hehehe.
Biasanya disaat lapar makan sekaligus banyak alias kalap alih-alih sedang menyusui.

Saat 6 bulan pertama pasca melahirkan perubahan hormon dan kebiasaan tidur yang berubah mengikuti jadwal tidur si kecil bahkan bisa begadang semalaman. 

Ibu menyusui membutuhkan kalori ekstra minimal 1800- 2200 kalori perhari dilansir dari alodokter.com (17/3) untuk memproduksi ASI.

Namun begitu daripada makan langsung banyak disarankan untuk makan sedikit tapi sering agar metabolisme lancar berbeda jika menahan lapar maka metabolisme tubuh malah akan melambat.

Dilansir haibunda.com (17/3), nutrisionis Victoria Djajadi, MND menyarankan membuat jadwal makan enam kali dalam sehari (tiga kali makan besar dan tiga kali makan snack). Hal itu dapat membantu agar kembali ke tubuh ideal dengan dibarengi sering minum air putih.

Namun ada beberapa makanan yang perlu dihindari seperti makanan gorengan, kerupuk, keripik, manisan, kue-kue, sirup dan gulali atau permen ya."

#3 Hindari Tidur setelah makan dan makan berat tengah malam

Hindari tidur setelah makan

Ini dia kebiasaan yang sering dilakukan oleh emak-emak yang habis melahirkan. Karena kurang tidur semalaman atau begadang biasanya suka tidur atau ketiduran setelah makan. 

Kebetulan saat itu sambil menyusui si kecil di tempat tidur. Akhirnya si emak ikutan tidur juga. Disaat 'nikmat' itulah ia lupa bahwa ia selesai makan terus langsung tidur malah menyebabkan perut makin membuncit karena penumpukan lemak dan kalori. Big No ya moms.

Hindari Makan Berat Tengah Malam 

Hindari makan berat saat tengah malam. Si kecil biasanya bangun tengah malam untuk menyusui hingga menyebabkan emak kelaparan tengah malam. 

Pada jam itu tidak disarankan untuk makan berat tapi makanlah buah-buahan atau  susu khusus untuk ibu menyusui.

#4 Gunakan Korset

Salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan secara tradisional adalah menggunakan korset
Memakai korset efektif dapat mengencangkan otot-otot perut. 

Namun hal ini tidak disarankan untuk mengecilkan perut jika sahabat setelah melahirkan secara Caesar sebaiknya konsultasi kan kepada dokter karena harus menunggu pemulihan pasca operasi di bagian perut.

Hal ini dikarenakan memakai korset perut akan mengecil dan mendorong rahim kembali ke ukuran semula, membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang, serta mengembalikan postur tubuh yang mengalami pergeseran pasca melahirkan.
#5 Diet Seimbang

Agar bisa tercukupi kebutuhan gizi untuk sahabat dan si kecil dengan menjaga asupan makanan. Mengkonsumi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat lainnya, yang membuat sahabat merasa kenyang lebih lama. 
www.liputan6.com

Hindari junk food atau makanan siap saji. Jangan melakukan diet ekstrim karena akan mempengaruhi tubuh dalam memproduksi ASI hingga si kecil tak mendapatkan asupan gizi yang cukup. 

#6 Minum Banyak Air Putih

Minumlah 8 gelas sampai 12 gelas air sehari.  Dengan minum banyak air putih, dapat membantu  menurunkan lemak perut,  membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh, mendorong kelebihan lemak untuk dibuang melalui proses metabolisme, membuang racun dari dalam tubuh,  merasa lebih kenyang dan mencukupi kebutuhan air dapat mencegah dari dehidrasi.

#7 Minum teh hijau

Mengonsumsi teh hijau salah satu cara tradisional setelah melahirkan  adalah pilihan yang baik untuk mengurangi perut buncit.

Kenapa?

Karena menurut penelitian teh hijau  baik untuk membantu pemecahan sel-sel lemak sehingga mempercepat pembakaran lemak, melindungi dari efek radikal bebas dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga bagus untuk proses penurunan berat badan.
www.tribunjateng.com

Mengonsumsi teh hijau setelah olahraga akan memberikan efek yang lebih baik dalam proses menurunkan berat badan. 

Penelitian di Journal of Nutriotion menemukan minum 4-5 cangkir teh hijau setiap hari disertai dengan olahraga dapat mengurangi kegemukan sebanyak 8 persen setelah tiga bulan. MasyaAllah. 

#8 Konsumsi probiotik

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengontrol metabolisme tubuh termasuk lemak perut pasca melahirkan. Probiotik dikenal sebagai bakteri "baik" yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. 

Namun, studi lebih lanjut mengemukakan bahwa konsumsi probiotik saja tidak serta merta dapat menurunkan berat badan harus disertai dengan olahraga.

#9 Konsumsi banyak vitamin C 

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan konsumsi vitamin C. Vitamin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengoksidasi lemak dan mengubahnya menjadi energi. Sehingga, konsumsi vitamin dapat membantu mengurangi 30 persen lemak asal diiringi dengan olahraga. 

Usahakan mengonsumsi vitamin C sebanyak 100 mg per hari Vitamin C bisa didapat dari buah dan sayur.  Salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk nipis.

Cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan mengonsumsi jeruk nipis dan madu. Madu sejak dulu juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit. 

www.liputan6.com

Jeruk nipis dan madu menjadi cara mengecilkan perut secara alami karena bisa membantu mendorong pembakaran lemak.

Caranya, tambahkan 1 sendok teh madu dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis dalam 1 gelas air hangat. Minum campuran ini setiap pagi saat perut kosong untuk membakar lemak dan mendetoksifikasi tubuh.

#10 Menggendong anak

Salah satu manfaat menggendong buah hati selain berguna untuk menidurkan juga bisa digunakan untuk olahraga. 

Kenapa dikatakan demikian?

www.motherandbaby.co.id

Karena dengan menggendong sang buah hati  ibarat membawa beban seberat 3 kg hingga 5 kg, ujar ahli kebugaran prenatal. Jika ditambah dengan squat (gerakan berulang dari posisi berdiri, ke posisi seperti akan duduk, lalu kembali ke posisi berdiri), otot tubuh bagian bawah akan terbentuk dan metabolisme tubuh jadi meningkat.

Hal lainnya bisa dengan berjalan kaki di sekitar rumah sambil menggendong buah hati di pagi hari untuk mendapatkan manfaat sinar matahari.  Tapi jangan terlalu lama terkena sinar matahari yah hanya sekitar 10-15 menit saja.

#11 Berolahraga

Banyak emak-emak (red:Moms) yang setelah melahirkan susah untuk memulai berolahraga kembali. Padahal manfaat berolahraga selain mengecilkan perut, membakar kalori juga bisa mengencangkan kembali dinding rahim. 

Memulai berolahraga bagi ibu setelah melahirkan adalah setidaknya tunggu sampai 6 Minggu.

Dari sekian banyak poin diatas tidak akan dapat berhasil secara optimal jika tidak dibarengi dengan olahraga.

Nah, Olahrga apa yang bisa dilakukan setelah melahirkan?

Mulailah untuk beryoga 

Yoga adalah salah satu olahraga ringan dan bisa dilakukan di rumah saat bayi tertidur. Sahabat bisa mempelajari    gerakan yoga untuk mengecilkan perut setelah melahirkan 
dari buku atau internet atau media online lainnya. Gerakan yoga, diyakini dapat membantu membuat perut rata kembali pasca melahirkan. Mantap.

www.liputan6.com

Latihan Kegel

Latihan kegel selain untuk mengencangkan otot-otot vagina juga membantu menurunkan lemak perut pasca melahirkan. Latihan ini juga bisa dilakukan di rumah dengan mengikuti gerakan dari compact disc atau media online

Berjalan kaki

Jika belum kuat  berolahraga,  Anda dapat menggantinya dengan berjalan kaki santai sambil menggendong si kecil di pagi hari. Mulailah dengan laju lambat, sedang kemudian cepat. 

Jika dilakukan rutin setiap pagi, cukup efektif mengurangi lemak di perut. Tubuh pun akan lebih bugar. Jika merasa sudah cukup kuat, Anda bisa melakukan olahraga yang lebih berat seperti aerobic, berenang atau bersepeda.

Ahli kebugaran Sarah Haley merekomendasikan latihan yang melintasi perut, otot perut dalam yang berfungsi seperti penahan dan menyatukan bagian perut sebagai salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan, seperti olahraga plank
www.haibunda.com

Ingat ya moms, apapun metode atau cara yang dilakukan, hanya satu kunci yang pasti lakukan dengan teratur dan rutin setiap hari sampai menunjukkan hasil yang optimal.

Dan satu hal yang lebih penting, yaitu kesehatan si kecil dan emak menjalankan dengan happy.

Terimakasih telah membaca.
Selamat mencoba! (End)




Sumber:



Comments

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^

    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  3. AYo Bermain Bersama Kami hanya di www.mariobola,info
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit Setiap Hari 10% (max 100 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi Mingguan Di Permainan Sportbook 2,5%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    kami menyediakan berbagai jenis Games , seperti :

    -Sport
    - Tangkas
    -Togel
    - Live Casino
    - Poker
    - Slot
    - Sabung Ayam
    - Tembak Ikan

    Mainkan Dan Dapatkan BOnus nya sekarang juga

    WEBSITE www.mariobola(dot)info
    WA Untuk Pendaftaran ya bosku ^^
    083161896684

    ReplyDelete
  4. Call us once and spend some of the quality time with our independent escorts in Pune so that you will have some of the best moments. Independent Escorts in Pune

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan jika mau menyapa, memberikan komentar, mau bertanya, saran dan kritik yang membangun. Terimakasih 🙂

Popular posts from this blog

9 Cara Merubah Domain Blogspot Ke Domain Sendiri (Merubah blogspot.com menjadi .id/.com/.net dll)

Oleh: Mama Produktif  Malahayatimamaproduktif.blogspot.com  - Halo pembaca yang budiman kali ini penulis ingin membahas 9 Cara Merubah Domain Blogspot ke Domain Sendiri (Merubah blogspot.com menjadi .id/.com/.net dll). Alhamdulillah kabar baik dari situs malahayatimamaproduktif.blogspot.com  telah berubah situs menjadi Sri Malahayati.web.id hari Jumat tanggal 29 Maret 2019. Penulis sebagai salah satu Blogger Pemula Indonesia ingin mengasah kemampuan menulis di akun blogspot.  Lama kelamaan penulis merasa ingin menjadi lebih baik dan menggeluti secara serius menulis di blog. Sehingga setelah mempunyai akun blogspot secara gratis . ingin melanjutkan dengan membuat blog secara berbayar salah satunya dengan mengganti domain blogspot . Kenapa berubah dengan memakai domain? Ada 4 alasan: Agar lebih serius kelola blog  Lebih pendek nama blognya Lebih mudah diingat dan dikenal Agar terlihat lebih profesional. Nah, untuk teman-teman yang ingin merubah situs blognya dari

Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan

Oleh: Mama Produktif Manusia mana yang tidak ingin bahagia. Tentu kita semua ingin bahagia, hanya saja banyak orang yang tidak tahu apa arti kebahagiaan yang hakiki, atau tidak tahu jalan menuju kebahagiaan itu, atau pura-pura tidak tahu.  Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan malahayatimamaproduktif.blogspot.com Ciri dari kebahagian itu ada tiga yaitu: Apabila diberi nikmat ia bersyukur, jika ditimpa musibah ia bersabar, dan bila berdosa ia segera beristighfar dikutip dari www.buletin-aliman.blogspot.com terlebih jika melakukan amalan istighfar di waktu sahar. Artikel sebelumnya saya telah membahas Keajaiban Istighfar Doa-doamu Cepat Terkabul. Kali ini saya akan membahas tentang   Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan. Dan Allah Maha melihat hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: ‘Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka’. (Yaitu) orang yang sabar, o

Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri

Oleh: Mama Produktif Kenapa Umar bin Khattab selalu Diam ketika dimarahi istrinya, tipe suami takut istri kah? Siapa sih yang tidak kenal seorang Umar bin Khattab?Nah, pada bahasan kali ini saya akan membahas mengenai   Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri. Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri malahayatimamaproduktif.blogspot.com Pasti sahabat sudah tahu salah satu sosok Sahabat Rasulullah yang dikenal sangat tegas dan tak kenal kompromi dengan orang yang berbuat kejahatan, yang sebelum masuk islam pun sudah disegani oleh penduduk Mekkah. Sosok yang sangat dicintai oleh rakyatnya karena kepemimpinan dan zuhudnya. Siapa sangka seorang khalifah yang sangat berwibawa ini di saat bersama keluarga, ia lebih banyak diam dan lebih mendengarkan "ceramah-ceramah" dari istrinya. Tau sendiri yah wanita itu lebih banyak bicara dibanding laki-laki. Menurut penelitian  wanita bicara 20.000 kata dalam sehari. Sedangkan laki-l