Skip to main content

9 Tips Agar Artikel Blog Human Friendly

malahayatimamaproduktif.blogspot.com - 9 Tips Agar Artikel Blog Human Friendly Dalam sebuah artikel agar terindeks Google harus bisa Human Friendly. Telah disinggung sedikit pada artikel saya sebelumnya yang berjudul 4 Tahap Menulis Artikel Yang Menarik Bagi Pengunjung Blog

Artikel Human Friendly adalah Artikel suatu blog dimana konten yang diulas sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Kalau bisa jadikan blog secara ‘lengkap’ biar pengunjung betah berada di blog kita. 
Maksudnya adalah jika pengunjung blog telah masuk blog kita itu berarti dia telah mendapatkan 'apa yang dia cari' dan tak perlu lagi dia membuka blog yang lain.


Sumber: www.pixabay.com

Kuy langsung ajah kita bahas. Ini dia Tips agar artikel blog Human Friendly, adalah:

#1 Membuat Judul Artikel Yang Menarik Pengunjung Blog

Biasanya pembaca ingin mengklik suatu artikel dikarenakan judul yang menarik. Bagaimana artikel kita di klik oleh pembaca sedangkan judul yang kita pakai sangat tidak menarik ' perhatian' pembaca. Sehingga lebih memilih artikel yang lain. 
Buatlah judul yang membuat penasaran pembaca. 
Kata-kata seperti “tahukah Anda…”, “bagaimana cara…”, “hindari…”, “jangan…” , "ternyata" atau “rahasia…” merupakan kata-kata yang biasanya dipakai untuk menimbulkan rasa penasaran para pembaca artikel Anda.

#2 Membuat Judul Dengan Artikel Yang Masuk Akal

Maksudnya adalah buat judul jangan lah menggunakan kata yang 'lebay' atau berlebihan.

Lihat perbandingan dibawah ini:
  1. 5 Cara Menurunkan Berat Badan
  2. 5 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selama 30 Hari
  3. Tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbaru Terlengkap
Disini judul yang baik adalah seperti contoh nomer 2.

#3 Membuat Artikel Dengan Menyertakan Gambar 

Artikel harus disertai gambar merupakan ciri artikel yang menarik di blog. Selain menarik juga  lebih memudahkan dan mendukung artikel terkait minimal ada 3 gambar. Selain untuk enak dilihat jangan lupa sesuaikan gambar dengan tema yang sedang dibahas.

#4 Pusatkan perhatian pada paragraf pertama

Paragraf pertama ialah paragraf opening.  Walaupun begitu jangan sampai terlalu banyak berbasa-basi. Pusatkan pada inti yang akan dibahas dalam artikel tersebut.

#5 Memberikan paragraf yang tidak terlalu panjang

Agar bisa terindeks oleh SEO maka artikel harus  terdiri dari 500 kata - 2000 kata. Namun begitu jangan sampai paragraf terlalu panjang yang terdiri dari 5 baris kalimat, tetapi gunakanlah 3-4 baris dengan panjang kurang dari 20 kata saja.

Sehingga membuat lelah mata pembaca. Untuk itu gunakanlah sub sub judul dalam setiap bahasan.
Contoh artikel human friendly seperti dibawah ini: 
Sumber:www.panduanim.com

Coba sahabat pasti lebih memilih artikel sebelah kanan bukan? 

#6 Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca

Jadilah penulis yang bisa masuk ke berbagai kalangan.  Memakai gaya bahasa yang mudah dipahami  tidak bertele-tele, singkat padat dan jelas. 

Dalam setiap menulis artikel jangan posisikan diri sebagai penulis, namun posisikan diri sebagai seorang 'awam' sehingga tulisan kita akan bisa membahas secara detail.

#7 Membuat artikel yang berkualitas

Membuat artikel berkualitas memang susah-susah gampang. Apabila kita mau menggunakan blog lain sebagai sumber referensi tidak masalah. Asal jika telah 'masuk' pada blog kita gunakan lah gaya bahasa sesuai dengan ciri khas kita. No copi paste.


Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca salah satunya adalah artikel berkualitas tidak melulu harus panjang. Jika memang artikelnya cakupan tema yang dibahasnya dalam lingkup kecil jelaskan secara singkat, padat dan jelas. Namun jika cakupan temanya luas maka jelaskan lah secara luas tidak boleh dangkal. 



Sumber:pixabay.com

#8 Menggunakan Huruf dan Background blog ramah pengunjung

Maksudnya begini gunakan lah font yang enak dilihat. Jangan sampai membuat mata pembaca 'gregetan'.  Gunakan ukuran font yang normal, font seperti Arial, Georgia, helvetica, Times new roman. 

Dikutip dari panduanim.com dibawah ini adalah font yang mudah dibaca:


  • Ukuran antara 14-22px
  • Lebar horizontal antara 480-720px
  • Line-height antara 1.5-2em
  • Margin di bawah paragraf antara 1.5-2em
Gunakan background blog seperti warna abu, hitam atau biru muda (seperti blog saya hehehe).

#9 Teruslah Menulis

Sebagai penulis blog pemula (seperti saya) pasti banyak saran dan kritik mengenai tulisan yang kita buat. Baik itu dari segi isi, tata bahasa, maupun yang lain. Namun janganlah menyerah teruslah menulis membaca, membaca menulis karena dengan itu tulisan-tulisan kita akan terus menjadi lebih baik. (end)


Thanks telah membaca.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:

www.klikmania.net
www.panduanim.com




Comments

  1. MasyaaAllah bunda selalu suka sama tulisannya. Terutama flow-nya yang asik dibaca. Meskipun kontennya daging semua, but I am enjoying to read the content. Good jwuobb mak, semangaat selalu untuk berproduktif riaπŸ’œ

    Oyaa saya suka banget konten yg poin 9, karena merasakan hal yang sama sebagai newbie blogger hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat juga buat Diena.. bagaimana kita bisa tahu kualitas menulis kalau gak pernah nulis? Nulis ajah dulu..nulis lagi..nulis terus..:)

      Delete
  2. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan jika mau menyapa, memberikan komentar, mau bertanya, saran dan kritik yang membangun. Terimakasih πŸ™‚

Popular posts from this blog

9 Cara Merubah Domain Blogspot Ke Domain Sendiri (Merubah blogspot.com menjadi .id/.com/.net dll)

Oleh: Mama Produktif  Malahayatimamaproduktif.blogspot.com  - Halo pembaca yang budiman kali ini penulis ingin membahas 9 Cara Merubah Domain Blogspot ke Domain Sendiri (Merubah blogspot.com menjadi .id/.com/.net dll). Alhamdulillah kabar baik dari situs malahayatimamaproduktif.blogspot.com  telah berubah situs menjadi Sri Malahayati.web.id hari Jumat tanggal 29 Maret 2019. Penulis sebagai salah satu Blogger Pemula Indonesia ingin mengasah kemampuan menulis di akun blogspot.  Lama kelamaan penulis merasa ingin menjadi lebih baik dan menggeluti secara serius menulis di blog. Sehingga setelah mempunyai akun blogspot secara gratis . ingin melanjutkan dengan membuat blog secara berbayar salah satunya dengan mengganti domain blogspot . Kenapa berubah dengan memakai domain? Ada 4 alasan: Agar lebih serius kelola blog  Lebih pendek nama blognya Lebih mudah diingat dan dikenal Agar terlihat lebih profesional. Nah, untuk teman-teman yang ingin merubah situs blognya dari

Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan

Oleh: Mama Produktif Manusia mana yang tidak ingin bahagia. Tentu kita semua ingin bahagia, hanya saja banyak orang yang tidak tahu apa arti kebahagiaan yang hakiki, atau tidak tahu jalan menuju kebahagiaan itu, atau pura-pura tidak tahu.  Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan malahayatimamaproduktif.blogspot.com Ciri dari kebahagian itu ada tiga yaitu: Apabila diberi nikmat ia bersyukur, jika ditimpa musibah ia bersabar, dan bila berdosa ia segera beristighfar dikutip dari www.buletin-aliman.blogspot.com terlebih jika melakukan amalan istighfar di waktu sahar. Artikel sebelumnya saya telah membahas Keajaiban Istighfar Doa-doamu Cepat Terkabul. Kali ini saya akan membahas tentang   Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan. Dan Allah Maha melihat hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: ‘Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka’. (Yaitu) orang yang sabar, o

Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri

Oleh: Mama Produktif Kenapa Umar bin Khattab selalu Diam ketika dimarahi istrinya, tipe suami takut istri kah? Siapa sih yang tidak kenal seorang Umar bin Khattab?Nah, pada bahasan kali ini saya akan membahas mengenai   Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri. Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri malahayatimamaproduktif.blogspot.com Pasti sahabat sudah tahu salah satu sosok Sahabat Rasulullah yang dikenal sangat tegas dan tak kenal kompromi dengan orang yang berbuat kejahatan, yang sebelum masuk islam pun sudah disegani oleh penduduk Mekkah. Sosok yang sangat dicintai oleh rakyatnya karena kepemimpinan dan zuhudnya. Siapa sangka seorang khalifah yang sangat berwibawa ini di saat bersama keluarga, ia lebih banyak diam dan lebih mendengarkan "ceramah-ceramah" dari istrinya. Tau sendiri yah wanita itu lebih banyak bicara dibanding laki-laki. Menurut penelitian  wanita bicara 20.000 kata dalam sehari. Sedangkan laki-l