Skip to main content

6 Tips Agar Ngeblog Tetap Semangat

Oleh: Mama Produktif

Pada suatu hari keponakan saya memberikan link grup whatsapp menulis bareng Kak Wildan Fuady, karena  dia tahu kalau tantenya ini sedang gencar menulis  (red: ngeblog) untuk menyalurkan hobinya. Atas perantara dia juga saya bisa ikut training online dan belajar banyak darinya.
Belajar itu tidak mengenal usia, belajar itu sepanjang hayat sampai menutup mata. Ya, belajar tidak melulu pada seorang yang lebih tua, karena tak ada masalah belajar kepada orang muda yang telah dahulu berkarya.


Dalam perjalanan pelatihan menulis online tidak sedikit hambatan dan rasa ingin menyerah. Namun semua tidak menyurutkan langkah agar terus maju dan naik ke level berikutnya sehingga bisa menjadi pembelajar lagi bersama yang lain.

Ada pepatah mengatakan kesempatan tidak akan pernah datang dua kali maka dari itu gunakanlah kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita dengan sebaik-baiknya.

Mengisi kesempatan agar meraih hasil yang optimal tidak cukup dengan doa namun harus diiringi dengan usaha dan kerja keras. Ini dia 6 tips agar ngeblog tetap semangat yang harus dilakukan untuk memotivasi diri sendiri saat saya bisa  masuk sampai level 4. Adalah:

#1 Niat merupakan hal yang paling utama. Niat akan menentukan langkah ke depan. Akankah terus lanjut atau hanya akan berhenti disini?. Niat mengharapkan ridho Allah SWT semata agar ilmu yang kita punya tidak hanya milik saya sendiri melainkan bisa dishare kepada yang lain. Walaupun saya masih blogger pemula dan fakir ilmu semoga tulisan-tulisan ini memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

Seperti Kak Wildan bilang: "Kalau kamu mencari imbalan yang pasti dalam menulis jawabannya ternyata bukan uang / materi,
tetapi mampu menjadikan kita kaya ilmu, kaya hati, kaya segalanya.
Menulis memang bisa jadi penghasilan, tetapi bukan pula untuk kecondongan.
Menulis itu yang penting ikhlas. Soal dapet penghasilan itu bonus."

Maka luruskan niat sahabat untuk menjadi penulis blog bukan karena imbalan tapi karena ingin bermanfaat bagi banyak orang. Noted.

#2 Menambah ilmu, kreatifitas dan keterampilan Menulis
Tekad agar bisa tersaring ke level selanjutnya adalah karena dengan mengikuti pelatihan menulis online bisa menambah ilmu baru, kreatifitas dan keterampilan menulis semakin terasah. Tidak hanya maen asal menulis terus di publish. Jika ada sahabat ada yang baru saja ingin memulai nulis di blog khususnya blogspot. Bisa dengan klik link disini.

#3 Menambah jaringan/ networking
Sebelum saya mengikuti pelatihan ini saya merasa sendiri, paling mentok sama ponakan yang sudah duluan sering “ngeblog”. Ketika saya ikut training online jadi menambah banyak teman. Terlebih khusus komunitas menulis. Jadi apabila ada kendala tanya ini itu banyak teman yang membantu. Apalagi mentor yang telah banyak membimbing, memberikan semangat dan memberikan tantangan agar menjadi lebih termotivasi dan mencoba konsisten untuk menulis.

#4 Lebih ahli menej waktu 
Menej waktu tidak hanya berlaku bagi seorang yang sibuk kerja, seorang pengusaha, mahasiswa yang menyelesaikan skripsi tapi berlaku juga bagi seorang Mama yang beranak satu seperti saya. Karena apabila urusan rumah tangga telah selesai maka itu artinya banyak waktu luang bersama anak dan juga menulis.



#5 Menikmati Setiap Proses
Usaha tidak akan membohongi hasil. Nikmati saja proses yang dilalui. Membangun blog bukan perkara mudah. Tidak bisa instan terus langsung terkenal. Namun dengan sedikit demi sedikit, terus konsisten publish konten yang berkualitas no copi paste.

#6 Inspirasi Datang Dari Mana dan Kapan Saja
Saat kelima hal itu telah ada dalam genggaman, ternyata inspirasi bisa datang dari mana dan kapan saja. Dan itu terbukti ketika saya bertekad harus bisa melewati rintangan. Orang lain bisa, kenapa kita tidak?.

Setelah mendapatkan ide menulis jangan lupa ditulis di note ya, biar pas saat nulis keseluruhan tinggal buka note yang merupakan 'potongan' kata terus dikembangkan deh untuk menjadi sebuah artikel, apalagi macam pelupa (kaya saya) hehehe. It's works.


Semoga share pengalaman ini bisa membuat semangat untuk sahabat semua.
Thanks telah membaca.
Semoga artikel ini bermanfaat.






Comments

  1. Terimakasih ka tips ny

    ReplyDelete
  2. artikelnya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. Jngn bikin buat ibu² terus dong,, klo bisa bikin blognya buat semua kalangann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiiaapp..
      Makasih masukannya..
      Next artikel semua kalangan..
      Btw, artikel ini kan bukan kalangan ibu2 :d

      Delete
  4. Ululu malah ponakannya ya yang kendur tapi baca ini insyaAllah mau mulai lagiiii

    ReplyDelete
  5. Lanjutkan lagi artikel-artikel yang bermanfaat "Mama Produktif"
    ;)

    ReplyDelete
  6. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  7. Lanjutkan lagi artikel-artikel yang bermanfaat "Mama Produktif"

    ReplyDelete
  8. Ululu malah ponakannya ya yang kendur tapi baca ini insyaAllah mau mulai lagiiii
    EDRCoin Cash
    EDRCoin Cash
    EDRCoin Cash
    EDRCoin Cash

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan jika mau menyapa, memberikan komentar, mau bertanya, saran dan kritik yang membangun. Terimakasih 🙂

Popular posts from this blog

Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan

Oleh: Mama Produktif Manusia mana yang tidak ingin bahagia. Tentu kita semua ingin bahagia, hanya saja banyak orang yang tidak tahu apa arti kebahagiaan yang hakiki, atau tidak tahu jalan menuju kebahagiaan itu, atau pura-pura tidak tahu.  Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan malahayatimamaproduktif.blogspot.com Ciri dari kebahagian itu ada tiga yaitu: Apabila diberi nikmat ia bersyukur, jika ditimpa musibah ia bersabar, dan bila berdosa ia segera beristighfar dikutip dari www.buletin-aliman.blogspot.com terlebih jika melakukan amalan istighfar di waktu sahar. Artikel sebelumnya saya telah membahas Keajaiban Istighfar Doa-doamu Cepat Terkabul. Kali ini saya akan membahas tentang   Dahsyat! Istighfar Di Waktu Sahar Yang Terlupakan. Dan Allah Maha melihat hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: ‘Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka’. (Yaitu) orang yang sabar, o

Cara Menggunakan Google Keyword Planner Via Smartphone, No. 1 Gampang Banget

oleh: Mama Produktif Malahayatimamaproduktif.blogspot.com  - Pembaca yang budiman kembali bersama saya Mama Produktif. Kali ini saya akan membahas Cara Menggunakan Google Keyword Planner Via Smartphone, No 1 Gampang Banget . Sobat tidak boleh mengira penulis sudah pandai menggunakan keywordplanner ya.. penulis hanya ingin meng- share apa yang menjadi "usaha" penulis agar bisa menjadi 10 teratas pencarian SEO. Guaya banget ya hahaha. ..Agar tidak lupa pada materi yang telah diberikan oleh Kak  Wildan Fuady selaku mentor penulis. Dalam dunia per "blog" an hehehe.. Setiap blogger pemula seperti saya ingin agar artikelnya bisa muncul di indeks pencarian google atau Search Optimization Engine . Dimana selain menjadi kepuasan tersendiri bisa ada di page one, kalau  belum bisa sampai page one ya minimal bisa termasuk salah satu artikel teratas yang muncul dalam pencarian lah yah. Nah.. untuk itu agar bisa terdeteksi maka kita harus bisa membuat artikel yang

Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri

Oleh: Mama Produktif Kenapa Umar bin Khattab selalu Diam ketika dimarahi istrinya, tipe suami takut istri kah? Siapa sih yang tidak kenal seorang Umar bin Khattab?Nah, pada bahasan kali ini saya akan membahas mengenai   Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri. Penyebab Umar bin Khattab Terdiam Ketika Dimarahi Sang Istri malahayatimamaproduktif.blogspot.com Pasti sahabat sudah tahu salah satu sosok Sahabat Rasulullah yang dikenal sangat tegas dan tak kenal kompromi dengan orang yang berbuat kejahatan, yang sebelum masuk islam pun sudah disegani oleh penduduk Mekkah. Sosok yang sangat dicintai oleh rakyatnya karena kepemimpinan dan zuhudnya. Siapa sangka seorang khalifah yang sangat berwibawa ini di saat bersama keluarga, ia lebih banyak diam dan lebih mendengarkan "ceramah-ceramah" dari istrinya. Tau sendiri yah wanita itu lebih banyak bicara dibanding laki-laki. Menurut penelitian  wanita bicara 20.000 kata dalam sehari. Sedangkan laki-l